Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 12 November 2014

Pengertian Komputer Mainframe

Adalah komputer dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aplikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersamaan, bahkan lebih dan kelebihan lainnya. Komputer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data pada perusahaan besar. Namun dengan perkembangan zaman, komputer-komputer terbaru saat ini secara bertahap akan mampu menyaingi kelebihan dari komputer mainframe ini. Untuk ukuran yang sedang disebut dengan mini komputer dan ukuran lebih kecil disebut dengan mikro komputer.

Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri.

Gambar : Mainframe komputer raksasa
Mainframe memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.
Dipunyai oleh beberapa pengusahawan.
Berikut ini adalah contoh beberapa mainframe yang beredar:
·      IBM System/360
·      IBM System/390
·      Honeywell-Bull DPS 7
·      Cray-1 dari Cray Research
Arti istilah Mainframe dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
Mainframe adalah Jenis komputer besar. Sistem operasi dari komputer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan. Komputer dengan sistem operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas besar, kemudian juga mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, dan bertindak mengawasi lalu lintas ketika beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan.
Karena ukuran dan kemampuan pemrosesan secara historis berkaitan, komputer besar selama ini disebut mainframe, sementara yang ukuran sedang disebut dengan minicomputer, dan komputer kecil disebut mikrokomputer. Superkomputer, sebuah kategori tambahan, mulai memiliki relevansi di luar komunitas penelitian dalam bisnis seperti telekomunikasi, yang memerlukan pemrosesan berkecepatan tinggi untuk menangani switching jaringan yang luas.
Komputer mainframe biasanya dipusatkan pada pusat data, telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.
Dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, kemampuan dari mainframe inipun sedang dikejar oleh PC.
Mainframe yang dioptimalkan untuk pengiraan relatif sederhana yang melibatkan jumlah data yang besar luaran. insurans perniagaan atau aplikasi pemprosesanpenggajiansesuai untuk mainframe.
 Mainframe biasanya menangani berbagai tugas yang lebih luas (misalnya pemprosesan data, pergudangan). sedangkan mainframe biasanya merupakan sebahagian daripada barisan model standard pengilang.
Mainframe, cenderung mempunyai banyak prosesor perkhidmatan tambahan membantu prosesor utama mereka pusat (untuk sokongan kriptografi, I / O pengendalian, monitoring, memori pengendalian, dll) sehingga “jumlah prosesor” sebenarnya jauh lebih tinggi dari pada yang akan menjadi jelas.
Istilah lain yang mungkin terkait dengan mainframe
Host processor
Sebuah minicomputer atau mainframe yang dihubungkan ke suatu jaringan dan menyediakan layanan kepada …
N-1
Jaringan antar universitas di Jepang yang menghubungkan mainframe menggunakan konektivitas X.25.
Large computer
Istilah yang digunakan untuk komputer berukuran besar, seperti komputer mainframe. Komputer ini, …
RUMBA
Keluarga dari PC yang menyediakan program dari Wall Data Inc. Pada komputer dekstop, menghubungkan …
High Level Languge Application Program Interface
Disingkatan HLLAPI. Program interface IBM yang memungkinkan sebuah aplikasi PC untuk berkomunikasi …

3 komentar:

msbhl mengatakan...

Isi artikelnya cukup bagus, tapi coba gambar slideshow blog-nya di perkecil sebelum di upload. misal diperkecil lebih dulu dengan memakai program photoshop tentukan nilai ukurannya. usahakan ukuran gambar satu dengan yg lain sama.

purnama mengatakan...

mantab, lengkap sekali penjelasnnya mengenai pengertian komputer

Unknown mengatakan...

mantap jasa :D ... bagus mana sama superkomputer?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates